Panduan Sederhana Untuk Memilih Nama Domain

Panduan dasar ketika hendak membuat website baru untuk memilih domain yang tepat dan ideal sesuai dengan tujuan

 

Ada banyak perdebatan tentang faktor mana yang paling penting saat menentukan domain yang akan dibeli. Memilih nama domain harus sangat terkait dengan rencana bisnis dan visi perusahaan. Dan secara tidak langsung juga dapat menaikkan social signal, yang hal tersebut merupakan bagian tersendiri dari Praktik SEO.

Domain dapat dipilih karena kelebihannya dalam penempatan di Mesin Pencari, merek perusahaan, atau sebagai deskripsi istilah umum. 


Panduan Sederhana Untuk Memilih Nama Domain

Ukuran domain juga harus menjadi pertimbangan penting, pengucapan, seberapa mudah diingatnya, dan apakah nama tersebut diambil dalam bentuk atau ekstensi serupa lainnya. 

Misalnya, jika seseorang mendaftarkan domain.net, tetapi domain.com diambil dan dikembangkan, membuat merek untuk domain.net akan sangat berbahaya dan mungkin akan membingungkan rekan .com-nya. 


Domain Mengandung keyword 

Tujuan dari domain ini adalah untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, karena nama domain yang sebenarnya berisi keyword yang dicari. Domain Mesin Pencari sangat jarang bermerek, dan sebagian besar digunakan secara eksklusif sebagai properti Internet sampingan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs utama. 

Perusahaan yang menjual widget merah akan mendapat manfaat dari mengakuisisi red-widgets.com dan redwidgets.com , karena wajar jika orang akan mengingat alamat tersebut, tetapi yang terpenting, nama domain tersebut memiliki kemungkinan peringkat yang tinggi, atau sangat dekat dengan , bagian atas penelusuran untuk 'widget merah'. Alat yang sangat populer digunakan untuk menemukan apa yang sedang dicari di internet adalah: Kata Kunci Overture (http://inventory.overture.com/d/searchinventory/suggestion/) 


Domain Merek atau Brand

Ketika memulai dari bisnis offline ke online, pilihan yang jelas untuk domain merek adalah nama brand offline sebagai ekstensi .com dan/atau .country. Ekstensi negara digunakan di negara-negara yang lebih populer di ekstensi negara daripada di .com. Jika tidak ada merek sebelumnya sebelum pindah online, yang paling kreatif adalah pendekatan nama merek. 

Pada titik ini, ada jutaan nama domain yang terdaftar dan berkali-kali, orang menemukan bahwa domain yang diinginkan diambil. Ada konsensus di antara sebagian besar pakar domain Internet bahwa semakin pendek domain, semakin baik.

Sebuah domain yang panjangnya sekitar 5 huruf sangat ideal untuk sebuah merek. Namun, domain harus terdengar konseptual dan berkesan. contoh Xyqpt.com bukan pilihan yang tepat, karena tidak mudah diucapkan atau diingat oleh masyarakat umum. 


Domain Dengan Istilah Umum 

Domain dengan istilah umum adalah pilihan paling populer. Banyak perusahaan gagal, meskipun mereka memiliki kata umum untuk pasar mereka. Perusahaan seperti TheKnot.com menolak untuk membeli Weddings.com, karena mereka sadar bahwa mereka perlu fokus pada merek. Meskipun strategi ini berhasil untuk TheKnot.com, kata-kata generik memiliki nilai tersendiri yang tidak dapat diabaikan. 

Seperti Domain Mesin Pencari, yang menarik banyak pengunjung melalui rujukan mesin pencari, begitu juga domain kata generik. Untuk itu, nama kata generik masih sangat diminati dan nilainya terus meningkat. Apa yang harus dipelajari tentang about Dot Com adalah bahwa domain generik bukanlah segalanya dalam bisnis dot com, melainkan domain yang berharga (namun,tidak penting) komponen dalam berbagai variabel yang membuat bisnis Internet sukses. Nilai domain tersebut saat ini, dan domain lainnya secara umum dapat dilihat pada publikasi online yang mencakup transaksi nama domain terbaru di: Penjualan Jurnal Domain (http://www.dnjournal.com/domainsales.htm)