Peran Web Proxy untuk Pengguna Internet

Apa sebenarnya yang dilakukan server web proxy antara pengguna dan server

Apa sebenarnya yang dilakukan server proxy? ketika layanannya di gunakan oleh pengguna internet menjelajah dunia online.


Peran Web Proxy untuk Pengguna Internet



Peranan Web Proxy

Peran utama atau manfaat web proxy adalah Sebagai perantara Anda di web, namun selain itu server proxy memiliki banyak peran yang berguna. Berikut adalah beberapa kegunaan utama dari server proxy:


Firewall

Firewall : Firewall adalah jenis sistem keamanan jaringan yang bertindak sebagai penghalang antara jaringan dan internet yang lebih luas. Profesional keamanan mengonfigurasi firewall untuk memblokir akses yang tidak diinginkan ke jaringan yang mereka coba lindungi, seringkali sebagai tindakan pencegahan anti-malware atau anti-peretasan. Server proxy antara jaringan tepercaya dan internet adalah tempat yang tepat untuk menghosting firewall yang dirancang untuk mencegat dan menyetujui atau memblokir lalu lintas masuk sebelum mencapai jaringan.


Filter konten

Filter konten : Sama seperti proxy online yang dapat mengatur permintaan koneksi masuk dengan firewall, proxy juga dapat bertindak sebagai filter konten dengan memblokir lalu lintas keluar yang tidak diinginkan. Perusahaan dapat mengonfigurasi server proxy sebagai filter konten untuk mencegah karyawan mengakses situs web yang diblokir saat bekerja .


Melewati filter konten

Melewati filter konten : Benar — Anda dapat mengakali proxy web dengan proxy lain. Jika proxy perusahaan Anda telah memblokir situs web favorit Anda, tetapi tidak memblokir akses ke server proxy pribadi atau proxy web favorit Anda, Anda dapat mengakses proxy Anda dan menggunakannya untuk menjangkau situs web yang Anda inginkan.


Caching

Caching : Caching mengacu pada penyimpanan sementara data yang sering diakses, yang membuatnya lebih mudah dan lebih cepat untuk mengaksesnya lagi di masa mendatang. Proksi internet dapat men-cache situs web sehingga memuat lebih cepat daripada jika Anda mengirim lalu lintas Anda melalui internet ke server situs web. Ini mengurangi latensi — waktu yang diperlukan data untuk melakukan perjalanan melalui internet.


Keamanan

Keamanan : Selain firewall hosting, server proxy juga dapat meningkatkan keamanan dengan berfungsi sebagai wajah publik tunggal dari jaringan. Dari sudut pandang luar, semua pengguna jaringan adalah anonim, tersembunyi di balik alamat IP proxy internet . Jika seorang peretas ingin mengakses perangkat tertentu di jaringan, akan jauh lebih sulit bagi mereka untuk menemukannya.


Berbagi koneksi internet

Berbagi koneksi internet : Bisnis atau bahkan rumah dengan satu koneksi internet dapat menggunakan server proxy untuk menyalurkan semua perangkat mereka melalui satu koneksi tersebut. Menggunakan router Wi-Fi dan perangkat berkemampuan nirkabel adalah solusi lain untuk masalah ini.


Proxy dan VPN sama-sama menghubungkan Anda ke internet melalui server perantara, tetapi di situlah kesamaannya berakhir. Sementara proxy online hanya meneruskan lalu lintas Anda ke tujuannya, VPN mengenkripsi semua lalu lintas antara perangkat Anda dan server VPN.


Proxy, VPN, dan Tor Browser adalah tiga opsi utama untuk membuat semacam batasan antara Anda dan internet, dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.