Cara Menggunakan Google Keyword Planner untuk Membuat Konten Epik

Maret 17, 2022

Bagaimana cara membuat konten yang menggunakan data dari Google? Dengan menggunakan salah satu alat Google sendiri, Keyword Planner, untuk meneliti dengan tepat apa yang dicari orang. Google Keyword Planner akan memberi tahu Anda istilah yang dicari orang, berapa kali per bulan mereka menelusuri istilah tersebut, dan seberapa kompetitif istilah tersebut. Ini memiliki keterbatasan, yang akan kita bahas nanti, dan ada solusi lain untuk menutupi celah tersebut.


Cara Menggunakan Keyword Planner Google untuk Membuat Konten Epik



Apa yang dilakukan Keyword Planner?

Google Keyword Planner adalah tools seo multi fungsi dan kaya fitur yang dapat membantu sebagian besar kebutuhan pencarian dan perencanaan kata kunci Anda. Baik Anda melakukan penelitian kata kunci untuk pertama kalinya atau sudah memiliki daftar kata kunci, alat ini dapat membantu Anda.


Dari sana, Anda dapat mengambil informasi tersebut untuk membuat konten yang sangat berguna bagi pelanggan ideal Anda.


Inilah cara menggunakan Google Keyword Planner untuk membuat konten epik.


Memulai dengan Keyword Planner Google

Hal pertama yang pertama: Untuk mengakses Keyword Planner Google, Anda memerlukan akun Google Ads. Namun jangan khawatir — Anda tidak perlu menjalankan iklan apa pun atau bahkan memasukkan informasi penagihan Anda. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini. Pertama, Anda harus membuka beranda Keyword Planner .


Setelah Anda berada di sana, klik "Buka Keyword Planner".

Jika Anda tidak memiliki akun iklan, buatlah. (Ini akan meminta Anda.)

Selanjutnya, Anda akan ditanya tentang tujuan periklanan utama Anda. Cukup klik tautan “Berpengalaman dengan Google Ads” di bawah semua sasaran.


Opsi ini menghemat beberapa langkah yang tidak terkait.

Tip: Anda dapat mengklik ini apakah Anda memiliki pengalaman dengan Google Ads atau tidak. Mengkliknya akan melewati beberapa langkah yang tidak diperlukan untuk menggunakan Keyword Planner.


Pada layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis kampanye. Anda juga dapat melewati pertanyaan ini dengan mengeklik “Buat akun tanpa kampanye”.



Anda akan melewati beberapa layar lagi yang akan meminta Anda untuk mengonfirmasi informasi bisnis Anda. Klik “Kirim.” Ini tidak akan meminta informasi kartu kredit atau tagihan. Pada titik ini, Anda harus berada di platform Google Ads Anda.


Cara Menuju ke Keyword Planner Google

Sekarang Anda hanya perlu membuka Keyword Planner. Google menyembunyikan ini sedikit. Untuk membuka Keyword Planner, klik “Alat & Pengaturan” di kanan atas platform Iklan. Dan kemudian klik “Keyword Planner.”



Ada satu langkah terakhir sebelum Anda dapat mulai menggunakan Keyword Planner. Di layar berikutnya, Anda akan diberikan dua opsi. Yang satu bertuliskan “Temukan kata kunci baru” dan yang lainnya bertuliskan “Dapatkan volume dan perkiraan penelusuran”.


Klik tombol yang bertuliskan “Temukan kata kunci baru”.

Sekarang kesenangan dimulai. Anda bisa memasukkan kata kunci yang ingin Anda targetkan. Pada kotak yang muncul di layar Anda, masukkan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda.


Anda hanya perlu mengetikkan topik, industri, niche, produk, atau apa pun yang Anda inginkan untuk kata kunci terkait. Apa pun yang Anda ketik di kotak pencarian, Anda akan menemukan kata kunci terkait untuk itu.


Setelah Anda memasukkan istilah pencarian, Anda akan diarahkan ke halaman hasil yang akan menampilkan daftar kata kunci terkait.



Anda dapat menggunakan filter jangkauan dan kata kunci yang disebutkan di atas untuk menyortir daftar ini dan menemukan kata kunci terbaik untuk bisnis Anda.


Anda juga dapat menggunakan tab “Ide yang Dikelompokkan” untuk menemukan kumpulan kata kunci terkait berdasarkan kata kunci utama.


Keyword Planner akan memberi Anda kemampuan untuk mencari 10 kata kunci sekaligus, tetapi kami menyarankan Anda hanya berfokus pada satu kata kunci dalam satu waktu. Melakukan satu per satu akan membuat penelitian kata kunci Anda jauh lebih terorganisir.


Anda dapat kembali ke langkah-langkah ini dengan setiap topik baru yang ingin Anda liput. Setelah Anda merasa nyaman dengan dasar-dasarnya, Anda dapat beralih ke kiat bermanfaat lainnya tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan Keyword Planner.


1. Filter untuk membatasi audiens yang Anda jangkau

Keyword Planner Google Ads adalah alat brilian yang membantu Anda melakukan riset kata kunci untuk kampanye iklan Anda. Namun, jika Anda cukup mengetikkan topik dan melihat hasilnya, Anda akan melihat lebih banyak kata kunci daripada yang dapat Anda periksa secara manual. Dan, bahkan jika Anda menggunakan filter kata kunci, daftar ini akan terlalu panjang.


Itulah mengapa Anda perlu menyaring pencarian kata kunci Anda, dari awal, untuk mendapatkan daftar kata kunci yang lebih relevan. Keyword Planner menyediakan beberapa opsi pemfilteran yang dapat mempersempit cakupan pencarian Anda.


Berikut adalah beberapa filter yang dapat Anda gunakan untuk menyaring dan mengurutkan daftar kata kunci Anda:


Bahasa

Filter ini akan memungkinkan Anda menemukan kata kunci hanya dalam bahasa tertentu dan akan menyaring kata kunci dalam bahasa lain. Data volume pencarian untuk kata kunci Anda juga akan spesifik untuk pencarian dalam bahasa tertentu.


Fitur ini sangat membantu jika Anda memiliki salinan halaman web yang berbeda dalam berbagai bahasa. Dengan ini, Anda dapat menemukan kata kunci khusus bahasa alih-alih menggunakan kata kunci yang sama untuk semua.


Lokasi

Ini memberi Anda data volume pencarian untuk kata kunci dari lokasi tertentu. Anda juga dapat menemukan tren kata kunci untuk lokasi tertentu, bukan tren global. Tren ini bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lain dan Anda harus mempersempit penelusuran untuk hanya menyertakan wilayah tempat bisnis Anda berada.


Filter ini sangat berguna untuk bisnis lokal atau regional karena mereka perlu menemukan tren pencarian khusus lokasi dan data kinerja kata kunci. Jadi, jika Anda berfokus pada SEO lokal , maka Anda harus menggunakan filter ini.


Kata Kunci Negatif

Cara lain untuk mempersempit hasil pencarian Anda adalah dengan memanfaatkan kata kunci negatif. Ini pada dasarnya adalah kata kunci yang Anda tidak ingin peringkat iklan Anda.


Kata kunci negatif sangat penting dalam menyempurnakan pencarian kata kunci karena Anda tidak menginginkan kata kunci yang tidak relevan atau tidak terkait.


Terkadang, satu kata mungkin memiliki dua arti, salah satunya sama sekali tidak terkait dengan bisnis Anda. Jika Anda menggunakan filter kata kunci negatif untuk istilah tersebut, maka Anda hanya akan menemukan kata kunci yang relevan dan berguna untuk kampanye Anda.


Jaringan Penelusuran

Filter ini memutuskan dari mana data pada kata kunci dan tren pencarian berasal. Anda dapat memilih seluruh web atau membatasinya hanya untuk Google dan Google Mitra Penelusuran.


Tanggal

Filter ini memungkinkan Anda memilih jangka waktu untuk membatasi hasil pencarian Anda. Ini berarti Anda akan melihat volume dan tren pencarian kata kunci untuk jangka waktu tertentu.


2. Filter untuk Membatasi Biaya

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui tentang menggunakan Google Keyword Planner adalah berbagai jenis filter kata kunci. Filter ini membantu Anda menemukan kata kunci yang paling relevan untuk bisnis Anda, dari daftar kata kunci, dan pemfilteran dapat membantu Anda membatasi biaya.


Keyword Planner memiliki beberapa filter kata kunci seperti itu, berikut adalah beberapa yang utama:


Pencarian Bulanan Rata-rata

Opsi ini dapat digunakan untuk mengurutkan dan memfilter kata kunci berdasarkan jumlah rata-rata pencarian bulanannya. Kata kunci dengan pencarian bulanan rata-rata yang sangat tinggi lebih populer dan sulit untuk bersaing. Juga lebih mahal untuk menawar kata kunci populer seperti itu.


Oleh karena itu, Anda harus memilih kata kunci yang memiliki jumlah pencarian rata-rata bulanan yang baik tetapi tidak terlalu kompetitif. Dengan menggunakan filter ini, Anda dapat dengan mudah mengurutkan daftar kata kunci dan memilih kata kunci yang memberikan keseimbangan sempurna antara popularitas dan persaingan.


Posisi Rata-Rata Organik

Ini menunjukkan peringkat halaman Anda untuk kata kunci tertentu dibandingkan dengan peringkat halaman lain untuk kata kunci yang sama. Opsi ini hanya tersedia jika akun Google Analytics Anda ditautkan dengan akun Google Ads Anda.


Pangsa Tayangan Organik

Ini menunjukkan persentase berapa kali peringkat halaman Anda untuk kata kunci yang ditargetkan. Opsi ini hanya tersedia jika akun Google Analytics Anda ditautkan dengan akun Google Ads Anda.


Tawaran yang Disarankan

Ini membantu Anda memilih kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda berdasarkan tawaran yang disarankan untuk kata kunci tersebut. Tawaran yang disarankan pada dasarnya adalah berapa banyak yang akan Anda belanjakan per klik untuk iklan yang menargetkan kata kunci tersebut.


Saat memilih kata kunci untuk iklan Anda, Anda juga perlu mengingat anggaran Anda. Anda tidak dapat memilih terlalu banyak kata kunci uang dan melampaui anggaran Anda. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan filter ini untuk menemukan campuran kata kunci terbaik yang relevan dan juga sesuai dengan anggaran Anda.


Pangsa Tayangan Iklan

Ini adalah metrik yang sangat berguna yang menunjukkan kepada Anda pangsa orang yang benar-benar melihat iklan untuk kata kunci setelah menelusuri kata kunci tersebut. Ini memberi Anda gambaran tentang seberapa besar kemungkinan iklan Anda akan dilihat jika Anda menargetkan kata kunci tertentu.


Kompetisi

Seperti namanya, filter ini dapat mengurutkan kata kunci berdasarkan tingkat kesulitan untuk bersaing. Semakin tinggi persaingan, semakin sulit untuk menentukan peringkat untuk kata kunci tersebut.


Catatan tentang kata kunci Anda

Saat mencoba memutuskan kata kunci yang akan digunakan, jangan terlalu luas. Misalnya, jika Anda menjalankan perusahaan e-niaga yang menjual perlengkapan outdoor, jangan targetkan kata kunci “perlengkapan outdoor”. Itu terlalu luas, dan Anda tidak akan mendapatkan ide bagus untuk konten. Sebaliknya, buat fokus Anda sedikit lebih sempit.


Fokus pada kategori produk tertentu yang Anda tawarkan, seperti “sepatu hiking”, “tenda berkemah”, dan “sepatu panjat tebing”. Ini akan membantu mempersempit maksud pencari sehingga Anda benar-benar dapat membuat konten yang menarik untuk dibaca oleh pencari.


Tip: Jika Anda memiliki daftar beberapa kata kunci utama ini tetapi tidak yakin mana yang harus ditargetkan terlebih dahulu, masukkan semua kata kunci tersebut ke dalam Keyword Planner secara bersamaan untuk mendapatkan rata-rata volume pencarian bulanan untuk setiap kata kunci utama. Kemudian, mulailah dengan kata kunci utama yang mendapatkan jumlah pencarian bulanan rata-rata tertinggi.


3. Rencana Anda

Fitur lain dari Keyword Planner yang harus Anda ketahui adalah bagian “Rencana Anda”. Saat melakukan pencarian kata kunci, Anda dapat menambahkan kata kunci ke rencana Anda dan menyimpannya untuk nanti. Anda dapat menganggap ini sebagai ruang penyimpanan sementara di mana Anda terus menambahkan kata kunci relevan yang Anda temukan selama penelitian Anda.


Setelah Anda menambahkan kata kunci yang memadai di sana, Anda kemudian dapat menganalisis metrik kinerja untuk masing-masing dan membuat pilihan akhir Anda.


Pertama kali saya melihat fitur ini, saya ragu untuk menambahkan apa pun karena takut mengganggu kampanye Google Ads yang sudah aktif yang dikaitkan dengan akun saya. Anda dapat melanjutkan dengan jaminan total bahwa menggunakan "Rencana Anda" tidak akan secara otomatis menambahkan kata kunci ini ke kampanye mana pun.


Evaluasi Kata Kunci melalui Pencarian Kata Kunci Google

Keyword Planner Google Ads tidak hanya untuk menemukan kata kunci tetapi juga untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat. Volume pencarian dan data tren dapat membantu Anda melakukan hal itu.


Anda dapat memasukkan satu atau lebih kata kunci yang Anda inginkan untuk mendapatkan data ini dan cukup lihat hasilnya.


Opsi ini paling cocok untuk orang yang sudah memiliki daftar kata kunci dan hanya ingin memeriksa metrik kinerjanya. Banyak pemasar sudah memiliki data dari alat analisis situs web tentang kata kunci yang mereka rangking. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mencari kata kunci baru tetapi cukup menganalisis dan menyaring daftar kata kunci yang ada.


Gandakan Daftar Kata Kunci

Ini adalah fitur yang sangat berguna yang memungkinkan Anda mengunggah dua daftar kata kunci yang berbeda dan mengalikannya. Ini membentuk permutasi dan kombinasi kata kunci yang berbeda.


Katakanlah Anda memiliki daftar kata kunci yang terkait dengan produk dan satu untuk lokasi. Jika Anda mengalikan dua daftar, Anda akan mendapatkan kombinasi kata kunci dengan satu produk dan satu lokasi. Ini sangat berguna ketika mencoba menemukan kata kunci pencarian lokal untuk kampanye iklan Anda.


Hal yang sama dapat diterapkan pada dua daftar kata kunci untuk mendapatkan kombinasi yang berbeda dari kata kunci utama Anda.


Setelah Anda membuat daftar kata kunci baru dengan kombinasi ini, Anda selalu dapat memeriksa data kinerja historis dan perkiraan untuk masing-masing kombinasi tersebut.


Dapatkan Prakiraan tentang Klik dan Kinerja Biaya

Setelah Anda menemukan dan menambahkan kata kunci yang relevan ke rencana Anda, Anda bisa mendapatkan metrik dan perkiraan yang lebih canggih untuk itu. Ini termasuk jumlah klik, tayangan, biaya, BPK Rata-rata, dan metrik lainnya.



Bagian terbaiknya adalah tidak hanya menunjukkan biaya historis dan kinerja klik, tetapi juga dapat memberikan perkiraan. Ini dapat membantu Anda menentukan apakah kata kunci tertentu layak untuk ditawar atau tidak.


Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat kinerja kata kunci menurut perangkat dan lokasi.



4. Penawaran Kata Kunci dan Alokasi Anggaran

Salah satu aspek kunci dari pemilihan kata kunci adalah menganalisis berapa biaya penggunaan kata kunci tersebut dan apakah sesuai dengan anggaran Anda atau tidak. Keyword Planner Google Ads memberikan informasi tentang BPK rata-rata, BPK maksimum, dan taksiran tawaran.


BPK rata-rata adalah biaya per klik rata-rata yang dibayar orang untuk iklan yang ingin mereka rangking untuk kata kunci tertentu. BPK maksimum adalah jumlah tertinggi yang telah dibayarkan siapa pun untuk menentukan peringkat kata kunci tertentu. Sekarang, Anda tidak perlu membuat tawaran BPK tertinggi untuk mendapatkan peringkat yang baik. Dalam banyak kasus, Anda dapat membuat tawaran di atas rata-rata.


Ingatlah bahwa relevansi dan Skor Kualitas situs Anda akan berperan dalam seberapa besar Google mempertimbangkan tawaran Anda untuk mencapai tempat yang lebih tinggi dan berapa banyak yang pada akhirnya akan Anda bayar. Pengiklan yang mengungguli Anda pada pencarian tertentu tidak selalu membayar lebih.


Semakin banyak orang yang menawar untuk kata kunci tertentu, semakin mahal kata kunci tersebut. Seperti disebutkan sebelumnya, kata kunci persaingan tinggi tidak hanya mahal tetapi sulit untuk mendapatkan peringkat teratas. Artinya, iklan Anda mungkin tidak ditampilkan di SERP pertama Google atau tepat di atas untuk kata kunci yang sangat kompetitif.


Oleh karena itu, Anda harus pintar tentang kata kunci apa yang Anda bid dan berapa harganya. Anda dapat membuat pilihan kata kunci yang tepat menggunakan perencana dan menggunakan strategi pengoptimalan tawaran Google Ads untuk melakukan sisanya.


Juga, saat membuat pilihan akhir kata kunci, periksa total biaya harian untuk semua kata kunci Anda untuk mendapatkan gambaran tentang berapa banyak yang mungkin harus Anda belanjakan setiap hari. Alokasikan anggaran iklan bulanan Anda dengan mengingat biaya rata-rata Anda dan juga simpan beberapa penyangga jika iklan berkinerja sangat baik.


5. Kompetisi Kata Kunci

Seperti disebutkan sebelumnya, kata kunci yang lebih kompetitif lebih mahal. Tapi, bagaimana Anda mengukur kompetisi ini?


Meskipun volume pencarian adalah ukuran persaingan yang baik, ada metrik lain yang dapat Anda lihat. Keyword Planner sebenarnya menyediakan metrik yang disebut “persaingan”.


Ini mengkategorikan kata kunci berdasarkan seberapa sulit untuk menentukan peringkatnya. Ada tiga kategori untuk ini—tinggi, sedang, dan rendah. Ini memberi Anda gambaran umum tentang betapa sulitnya bersaing untuk kata kunci dan membantu Anda membuat pilihan yang tepat.


Namun, jika Anda menginginkan detail yang lebih terperinci dari metrik ini, Anda dapat mengunduh data ini dalam bentuk file .CSV. Dengan cara ini Anda akan mengekspor semua data ke lembar Excel di mana Anda benar-benar dapat melihat nilai numerik di balik kategorisasi (tinggi, sedang, rendah) ini.


Mungkin ada ratusan kata kunci yang memiliki kategorisasi sedang, tetapi beberapa masih akan lebih kompetitif daripada yang lain. Data ini berguna karena dapat membantu Anda memprioritaskan antara kata kunci yang berada dalam kategori yang sama.


Jadi, memeriksa skor persaingan untuk kata kunci membawa proses pemilihan kata kunci Anda ke tingkat yang sama sekali baru dan memungkinkan Anda membuat keputusan yang lebih tepat.


Saat Anda membuat konten epik yang berperingkat, Anda dapat menggunakan peringkat ini (tinggi, sedang, dan rendah) dalam model hub and spoke . Saat Anda membuat konten kompetitif yang memiliki peringkat waktu yang lebih sulit (kategori tinggi), Anda dapat mendukungnya dengan tautan internal dari konten topikal yang relevan. Membuat potongan-potongan itu dalam rentang menengah hingga rendah mungkin lebih mudah pada beban kerja Anda dan memberi Anda jalur penautan.


Konten Anda yang berfokus pada ekor panjang dan lebih spesifik adalah bagian penting untuk mendukung konten Anda yang lebih luas dari sudut SEO, tetapi juga bermanfaat bagi pembaca Anda.  


6. Bagaimana menemukan kata kunci yang akan mengarahkan banyak lalu lintas

Tujuan penelitian kata kunci adalah untuk menemukan kata kunci yang berhubungan dengan produk atau layanan yang dijual situs web Anda. Kemudian Anda dapat menggunakan kata kunci tersebut untuk membuat konten yang akan menarik pelanggan ideal Anda.


Cara terbaik untuk melakukannya adalah mulai dengan mencari kata kunci yang memiliki persaingan rendah tetapi jumlah pencarian bulanan yang tinggi.


Kombinasi itu akan memberi Anda kesempatan terbaik untuk mengungguli pesaing Anda dan mendapatkan banyak lalu lintas organik. Untuk Keyword Planner Google, persaingan sebenarnya mengacu pada jumlah perusahaan yang memasang iklan pada kata kunci tersebut. Meskipun metrik berdasarkan iklan, itu masih berguna untuk pembuatan konten karena kata kunci yang sangat kompetitif tidak hanya memiliki banyak iklan yang menargetkan mereka, tetapi mereka juga memiliki banyak orang yang membuat konten untuk kata kunci tersebut.


Untuk mulai menemukan persaingan rendah, kata kunci bervolume tinggi, Anda harus terlebih dahulu mengunduh ide kata kunci dari Keyword Planner ke dalam spreadsheet. Karena kami telah menyebutkan perusahaan e-niaga yang menjual perlengkapan outdoor, kami akan menggunakan itu sebagai contoh. Katakanlah Anda bekerja dalam pemasaran untuk perusahaan itu, dan Anda telah memutuskan untuk membuat konten untuk orang-orang yang menelusuri kata kunci utama “sepatu hiking”.


Anda telah memasukkan kata kunci itu ke dalam Keyword Planner, dan itu memberi Anda daftar 957 kata kunci. Tidak semuanya berguna sehingga Anda harus mengunduh daftar tersebut ke dalam spreadsheet untuk menemukan kata kunci terbaik.